Kawasan Pati Utara Juga Tersimpan Beragam Potensi Bahan Akik

Beberapa jenis bahan batu akik yang ditemukan di kawasan Desa Wedusan
Bicara mengenai batu akik, Kabupaten Pati memiliki Jala Sutra yang sudah menjadi ciri khas. Batu dari kawasan Pegunungan Kendeng ini, sudah tenar di kancah nasional dan bisa bersaing dengan batu akik dari daerah lain.
Tak hanya dari kawasan Pegunungan Kendeng, ternyata, di bagian Pati Utara juga menyimpan potensi beragam jenis bahan batu akik. Setelah sebelumnya warga Desa Kembang, Kecamatan Dukuhseti menemukan bongkahan bahan batu akik badar besi, kini beberapa warga Desa Wedusan, Kecamatan Dukuhseti, juga menemukan beragam jenis bahan batu akik dari lokasi yang berbeda dan corak serta warna yang berbeda pula.

Beberapa bahan batu akik tersebut, di antaranya ditemukan di sekitar aliran Sungai Puring di kawasan Desa Wedusan. Oleh warga setempat, beberapa bahan batu akik yang sudah ditemukan tersebut diberi bnama batu tawang sado, puring, gendu, sendang mbelik, panca warna, tretes dan blirik. Di antaranya batu tersebut, ditemukan di sekitar aliran Sungai Puring.

”Dengan adanyanya booming batu akik ini, kami juga mencoba mengeksplorasi kekayaan alam yang ada di sekitar desa kami. Setelah beberapa bulan kami mencoba menelusuri sekitar aliran sungai dan perbukitan, ternyata cukup banyak jenis batu yang tak kalah menarik dengan batu dari daerah lain,” ujar Santoso, salah satu warga Desa Wedusan.

Bahkan katanya, baru-baru ini, warga juga menemukan batuan jenis baru yang lokasinya berada di bukit. Batu tersebut, memiliki diameter yang cukup besar, sehingga sulit untuk dipindahkan. Bahkan, batu itu juga memiliki kadar kekerasan yang tinggi.

”Batunya itu sebes ar sapi. Waktu kami coba ambil sampel, itu cukup sulit. Hanya bebarapa yang bisa dipecah,” ungkapnya.

Dengan banyaknya jenis batu akik yang ditemukan tersebut, kini, dirinya bersama warga lain berupaya melakukan penelitian lebih intensif lagi mengenai potensi batu akik yang ada di kawasan Desa Wedusan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kawasan Pati Utara Juga Tersimpan Beragam Potensi Bahan Akik"

Post a comment