Masa Panen Raya, Harga Cengkeh Alami Kenaikan


Salah satu pusat perkebunan cengkeh di Kabupaten Pati yang terdapat di Desa Medani, Kecamatan Cluwak, kini memasuki masa panen. Masa panen sudah dimulai sejak Juni dan diperkiran hingga Agustus ini.


Priyo, salah satu petani cengkeh asal Desa Medani mengatakan, pada masa panen kali ini, harga cengkeh cukup mengalami peningkatan dibandingkan panen sebelumnya. Dirinya merinci, jika sebelumnya harga cengkeh basah di tingkat petani berkisar Rp 50 ribu, kini harga cengkeh sedikit naik menjadi Rp 60-70 ribu per kilogram.

”Dibanding sebelumnya, memang trendnya mengalami kenaikan. Dengan adanya peningkatan harga seperti ini, tentunya sangat membantu petani cengkeh. Kami harapkan, harga seperti ini tetap stabil atau bahkan bisa mengalami peningkatan lagi,” ujarnya.

Dirinya mengatakan, jika melihat pengalaman sebelumnya, harga cengkeh menurutnya selalu mengalami fluktuatif. Sehingga, petani mau tidak mau harus mengikuti pasar mengenai naik turunya harga.


Di Desa Medani, katanya, cukup banyak petani yang fokus terhadap tanaman cengkeh. Karena, lokasi dan geografis di tempat tersebut dinilai cocok untuk pertanian cengkeh. Di samping itu, di tempat tersebut juga banyak terdapat perkebunan kopi.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Masa Panen Raya, Harga Cengkeh Alami Kenaikan"

Post a Comment