Jalan Penghubung Desa Puncel-Wedusan Rusak Parah


Infrastruktur jalan utama yang menghubungkan Desa Wedusan dengan Desa Puncel, Kecamatan Dukuhseti, Pati mengalami kerusakan yang cukup parah. Jalan sepanjang lebih kurang 5 Kilometer tersebut terdapat lubang yang cukup banyak.
Bahkan jika terjadi hujan, terdapat genangan-genangan air di sepanjang jalan tersebut, sehingga cukup membahayakan bagi pengguna jalan. Belum lagi batu-batu kecil yang merupakan landasan aspal, cukup mengganggu, akibat rusaknya aspal.Kemudian, jika kemarau seperti ini, kondisi cukup berdebu.

Terkait kondisi ini, warga yang biasa memanfaatkan jalan utama tersebut mengeluh akibat rusaknya jalan. Hal ini karena, jalan tersebut merupakan akses utama bagi warga dari Desa Wedusan ke Desa Puncel, dan sebaliknya.

“Jalan ini memang akses utama, karena banyak warga dari Desa Wedusan memanfaatkan jalan ini ketika mau ke Desa Puncel, begitupun sebaliknya. Misalnya saja, untuk berbelanja ke Pasar setiap pagi, itu warga Desa Wedusan menggunakan jalan ini, karena pasar yang dekat kan di Puncel,” ujar Muhlisin, salah satu warga Desa Wedusan.

Meski jarak tempuh hanya berkisar 5 kilometer, terkadang warga Desa Wedusan lebih memilih untuk berbelanja atau menjual barang dagangan ke pasar Ngablak, yang jarak tempuhnya lebih jauh. Hal ini salah satunya karena kondisi jalan menuju ke Desa Puncel rusak.

Belum lagi katanya, jalan tersebut seringkali digunakan sebagai akses utama warga untuk ke sawah, ladang ataupun boregan (lahan milik Perhutani yang digarap warga). Sehingga tak jarang cukup menyulitkan warga, ketika membawa hasil pertanian.

Selain itu, katanya juga banyak anak-anak sekolah, baik SMP maupun SMA sederajat yang juga melalui jalan tersebut. Sehingga, dengan kondisi jalan yang rusak itu, katanya cukup menghambat ketika pergi atau pulang sekolah, meskipun menggunakan kendaraan.

Dirinya juga mengatakan, kondisi tersebut sudah terjadi lebih dari tiga tahun terakhir. Namun demikian, hingga saat ini belum ada perbaikan dari pihak pemerintah mengenai rusaknya jalan penghubung antardesa tersebut.

“Harapan kami tentunya, mudah-mudahan pemerintah bisa cepat tanggap terkait rusaknya jalan ini. Meskipun posisi jalan ini berada di hutan dan bukan di area pemukiman penduduk, namun jalan ini adalah jalan utama,” ungkapnya.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jalan Penghubung Desa Puncel-Wedusan Rusak Parah"

Post a comment