Weton Raden Ayu Kartini Bakal Diperingati Setiap Senin Pahing

SEKITARPANTURA.COM,REMBANG - Dalam rangka menggeliatkan peringatan Hari Kartini di Kabupaten Rembang, Bupati Rembang Abdul Hafidz berniat akan memperingati hari lahir Raden Ayu (RA) Kartini setiap 35 hari sekali pada hari Senin Pahing. 

Senin Pahing merupakan weton dari RA Kartini. Keinginan melestarikan budaya dalam hal ini memperingati weton dari pahlawan nasional itu merupakan bentuk keseriusan pemkab dalam menggaungkan peringatan Hari Kartini.

Ia mengakui, budaya mampu memengaruhi psikologis dan perkembangan pembangunan suatu daerah. Bersama Wakil Bupati Bayu Andriyanto, Hafidz berkomitmen akan melestarikan budaya lokal.

Festival budaya Senin Pahingan yang digelar kemarin di Pendapa Museum Kartini. (Istimewa)


“Kenapa budaya lokal kami angkat? Karena budaya ini punya nilai strategis untuk mengawali kemajuan-kemajuan. Maka bisa saya sampaikan, negara boleh maju, teknologi boleh maju namun budaya lokal tidak boleh tenggelam,” ujarnya.

Ia juga mengungkapkan, beberapa hal yang dikagumi dari RA Kartini. Yang pertama tentang konsistensi memperjuangkan hak-hak kaum perempuan meskipun banyak rintangan dan komitmennya dalam memajukan bangsa.


Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Rembang, Dwi Purwanto mengatakan, rencana Dinbudpar akan menyelenggarakan Senin Pahingan secara rutin. Pusat kegiatan Senin Pahingan dilaksanakan di Pendapa Museum RA Kartini.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Weton Raden Ayu Kartini Bakal Diperingati Setiap Senin Pahing "

Post a Comment