Warga Ramai-ramai Arak Kepala Kerbau ke TPI

Warga sedang mengarak kepala kerbau menuju TPI Tayu (sekitarpantura.com)
Warga Desa Sambiroto, Kecamatan Tayu, Pati yang tergabung dalam Komunitas Nelayan Tayu ramai-ramai mengarak kepala kerbau, dari Balai Desa Sambiroto menuju Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Tayu, pada Minggu (26/7/2015).
Pengarakan kepala kerbau ini, merupakan bagian dari prosesi Larung Sesaji yang rutin diselenggarakan setahun sekali. Yakni, sepekan setelah Hari Raya Idul Fitri, atau tepatnya pada lebaran ketupat.

Tampak Wakil Bupati Pati Budiono dan sejumlah pejabat Muspika ikut mengarak kepala kerbau tersebut menuju TPI. Ribuan orang juga memadati sepanjang jalan yang dilalui arak-arakan tersebut.
Arak-arakan ini, juga dimeriahkan dengan drum band, kesenian tradisional barongan, tong thek, Barongsai, bikers, hingga komunitas pecinta reptil.

”Acara tradisi seperti ini harus di lestarikan karena banyak mengandung pelajaran moral dan merupakan warisan nenek moyang. Selain itu, kegiatan budaya seperti ini merupakan salah satu potensi yang dimiliki oleh Kabupaten Pati yang harus tetap dijaga,” ujar Budiono, Wakil Bupati Pati.

Artikel Terkait : Tradisi Lomban, Sebuah Kearifan Lokal Masyarakat Pantura

Menurutnya, Pemerintah Kabupaten Pati memberikan support dan apresiasi yang tinggi terhadap masyarakat yang masih peduli dengan adanya budaya seperti ini. 

Bahkan, katanya, budaya seperti ini sudah masuk dalam agenda tahunan di Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Pati. ”Harapannya, tradisi seperti ini terus ada. Karena, inilah salah satu keragaman yang kita miliki,” ungkapnya.

Baca jugaAda Gareng Bagi Kupat-Lepet di Prosesi Adat Larung Sesaji Sedekah Laut


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Warga Ramai-ramai Arak Kepala Kerbau ke TPI "

Post a comment