Blora Optimis Raih Adipura 2017

SEKITARPANTURA.COM,BLORA - Bupati Blora Djoko Nugroho optimistis Kabupaten Blora akan kembali meraih Adipura pada tahun ini jika standar penilaian tidak berubah.

“Tahun ini sudah banyak taman-taman yang telah selesai dibangun. Ruas jalan di dalam kota dan trotoarnya juga sudah diperbaiki. Seharusnya Blora bisa meraih Adipura lagi jika standar penilaiannya tidak berubah atau sama seperti tahun lalu ketika Blora mendapat penghargaan Adipura Buana,” ujar Bupati Djoko Nugroho, seperti dikutip dari laman resmi blorakab.go.id.

Bupati mengakui, dari 14 titik pantau Adipura, beberapa diantaranya mengalami penurunan nilai. Itu diketahui setelah diumumkannya hasil penilaian tahap pertama. Penurunan nilai paling drastis dialami Terminal Gagak Rimang.

Foto/ Dinkominfo Kab. Blora


Di penilaian tahap pertama Adipura 2017 Terminal Gagak Rimang Blora mengantongi nilai 68,47. Padahal pada penilaian Adipura tahun sebelumnya Terminal Gagak Rimang mendapat nilai 74,82.

Selain Terminal Gagak Rimang, penurunan nilai cukup signifikan dialami tempat pembuangan akhir (TPA) sampah Temurejo.Tahun lalu ketika Blora mendapatkan penghargaan Piala Adipura Buana, TPA mengantongi nilai 74,05. Namun pada penilaian tahap pertama Adipura tahun ini, nilai yang diperoleh TPA Temurejo turun 71,18.

“Titik pantau yang nilainya turun itu rata-rata karena sampah. Kebersihan dan pengelolaan sampahnya kurang bagus,” kata bupati.


Bupati meminta dinas dan instansi terkait segera melakukan pembenahan menjelang penilaian tahap kedua Adipura. Seluruh komponen masyarakat juga diharapkan turut membantu mewujudkan Blora menjadi kota bersih.

Menurut Djoko Nugroho, berbagai upaya yang dilakukan untuk mewujudkan kota bersih, sejatinya bukan semata-mata untuk meraih penghargaan Adipura. Melainkan guna mengubah perilaku masyarakat agar terbiasa hidup sehat di lingkungan yang bersih. 

“Upaya-upaya yang dilakukan untuk mewujudkan kota bersih itu agar kita menjadi lebih baik,” katanya. 

Tahun lalu Blora mendapatkan penghargaan kota bersih Adipura Buana. Tahun ini, program Adipura kembali dilaksanakan. Bahkan penilaian tahap pertama sudah dilakukan Desember 2016. Sedangkan penilaian tahap kedua bakal digelar April 2017. Mengacu tahun lalu, pengumuman sekaligus penyerahan piala Adipura dilaksanakan di bulan Agustus. (*) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Blora Optimis Raih Adipura 2017"

Post a Comment