Siswi SMA 2 Blora Juara Lomba Menulis Teks Aksara Jawa Tingkat Jateng

SEKITARPANTURA.COM,BLORA - Heni Lestari, siswi SMA 2 Blora berhasil meraih juara pertama tingkat SMA dalam ajang lomba menulis teks aksara jawa tingkat SMA/SMK se-Jawa Tengah yang diadakan oleh Balai Besar Bahasa dalam rangka memperingati hari Ibu Internasional yang dilaksanan di Taman Budaya Surakarta.

Selain Heni Lestari, satu lagi siswi dari SMK 2 Blora juga mengukir prestasi dalam ajang yang sama, dengan meraih juara harapan III.

“Bisa menjadi juara pertama sangat mengejutkan, karena peserta yang lain juga sangat meyakinkan,” ujar guru Bahasa Jawa SMA 2 Blora Pujiyanto yang juga guru pendamping untuk lomba tersebut.

Foto/Dinkominfo Kabupaten Blora


Menurutnya, Heni Lestari merupakan wakil dari Kabupaten Blora setelah seleksi di tingkat Kabupaten menjadi juara pertama, begitu juga dengan yang dari SMKN 2 Blora.

Dia mengakui, kalau lomba kali ini tergolong sulit, lantaran menggunakan wewaton sriwedari jadi seluruh peserta lomba harus jeli dalam memahami kalimat demi kalimat sebelum di tuliskan dalam bahasa Jawa.


Sehingga menjadi juara harapan adalah target awal sebelum berangkat lomba. Tetapi ternyata hasilnya malah di luar dugaan menjadi juara pertama. Dengan selisih nilai dengan juara dua hanya satu angka saja. Itu menunjukkan kalau sangat ketat.

“Persiapan hanya saat libur ujian sekolah, yang ikut lomba kami beri latihan secara intensif,” katanya.
Lomba tersebut untuk melestarikan bahasa ibu khususnya bahasa jawa dan aksara Jawa di kalangan pelajar. Karena saat ini generasi sekarang semakin jarang menggunakan bahasa Jawa. (*)


Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Siswi SMA 2 Blora Juara Lomba Menulis Teks Aksara Jawa Tingkat Jateng "

  1. selamat dan sukses untuk siswi SMAN 2 Blora yang berhasil meraih Juara I menulis teks aksara Jawa tingkat Jateng. Faktor guru pengajar/ pendamping sangat menentukan juga di samping tentu siswanya. Selamat PAk Guru Bhs Jawa di SMAN 2 Blora. Sy ikut bangga karena ada lomba seperti ini (Jawa).

    ReplyDelete