Jelang Pilkades Serentak, Kapolres Blora Minta Masyarakat Jaga Stabilitas Keamanan

SEKITARPANTURA.COM,BLORA - Kegiatan puncak Pilkades Serentak Kabupaten Blora tahun 2017 hanya tinggal hitungan hari lagi. Semakin dekatnya waktu pemungutan suara ini, membuat suasana politik di desa yang akan melaksanakan pilkades agak memanas. Untuk itu semua elemen masyarakar diharapkan dapat menjaga stabilitas kamtibmas untuk mewujudkan Pilkades serentak Kabupaten Blora berlangsung dalam keadaan damai.

Hal ini disampaikan oleh Kapolres Blora AKBP Saptono, agar menjelang Pilkades serentak tidak timbul kejadian yang meresahkan dan mengganggu kamtibmas. Hal itu disampaikan saat menghadiri undangan pengarahan bagi calon kepala desa dan panitia pilkades di Gedung DPRD Blora, Kamis (13/07/17).


Kapolres Blora AKBP Saptono/Humas Polres Blora


“Kepada semua calon kades, para panitia pilkades dan tim suksesnya juga dingatkan untuk tidak melakukan pelanggaran serta mematuhi kesepakatan bersama Forum Pilkades Damai Kabupaten Blora,” pesan Kapolres..

Kapolres Blora juga memberikan beberapa imbauan kepada masyarakat terkait pelaksanaan Pilkades. Pertama, Pilkades adalah pesta demokrasi masyarakat desa yang mesti disambut dengan rasa aman dan suka cita dalam rangka mencari sosok pimpinan desa yang berkualitas.

Kedua, para calon kades dan tim sukses mesti santun dan menghormati panitia penyelenggara pilkades, calon kades lain serta pendukungnya, dengan tidak membuat kegaduhan politik seperti menghasut dan menghujat serta berpolitiklah secara humanis dan jujur.

Dalam kesempatan tersebut, juga dilaksanakan diskusi dengan  segenap anggota sebagai persiapan pengamanan dan antisipasi Pilkades Serentak di Wilayah Kabupaten Blora.

"Kita harus memahami kapan dan objek apa yang harus diamankan. Dalam pentahapan pilkades serentak, siapa saja yang harus kita kenal dan koordinasikan dalam tiap tahapan pilkades. Mapping di desa tentang potensi kerawanan, dan cara bertindak serta antisipasinya," ujarnya.

Semua pendataan telah dilakukan Polres Blora beserta polsek jajarannya dengan menerjunkan Bhabinkamtibmas dan anggota Intelkam di wilayah desa yang akan melaksanakan Pilkades.

“Saya telah intruksikan kepada Kasat Binmas dan Intelkam untuk memerintahkan anggotanya terjun dan mapping data di desa yang akan melaksanakan Pilkades. Harus selalu dimonitor karena situasi yang berkembang sewaktu-waktu bisa berubah,” imbuh Kapolres.


Mapping data ini untuk mengetahui tentang siapa, berapa calon kades, panitia dan data tokoh masyarakat serta mendatakan potensi kerawanan baik dari segi geografis maupun sosiologis.

“Hasil mapping data ini akan dirapatkan bersama untuk menentukan langkah-langkah yang akan ditempuh dalam mengawal dan mengamankan Pilkades serentak di Kabupaten Blora tahun 2017,” Terangnya.

Kemudian Kapolres juga mengingatkan untuk menjaga serta pelihara suasana yang aman dan tenteram di Kabupaten Blora. Masyarakat diminta tidak mudah dihasut oleh oknum elit politik untuk melakukan pelanggaran pilkades maupun hal lain yang akan mengganggu proses pilkades, serta kekacauan di masyarakat untuk kepentingan kelompok tertentu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Jelang Pilkades Serentak, Kapolres Blora Minta Masyarakat Jaga Stabilitas Keamanan"

Post a Comment