Lomba Thongtek Jadi Ajang Pelestarian Kesenian Tradisional

 
Penampilan salah satu tim peserta lomba thongtek (sekitarpantura.com)
Taman Budaya Kudus, yang berada di Kecamatan Dawe, Kamis (17/9/2015) dipenuhi dengan potongan-potongan bambu yang dikreasikan menjadi alat musik. Mulai dari kentongan, gambang, hingga angklung.


Ya, Taman Budaya Kudus memang menjadi tempat digelarnya Lomba Thongtek dengan peserta dari anggota pramuka yang berasal dari belasan ambalan yang ada di Kudus.

Ajang perlombaan thongtek ini tak lain adalah sebagai salah satu upaya untuk melestarikan kesenian tradisional, yang kini keberadaannya sudah mulai tergusur dengan hadirnya beberapa kesenian modern.

Kasi Seni,Budaya, Tradisi dan Bahasa pada Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus Giyono mengatakan, jika perlombaan tersebut menjadi salah satu cara agar kesenian tradisional tidak semakin tergerus.

”Kita berharap, melalui ajang seperti ini, generasi muda memiliki kecintaan terhadap kesenian tradisional. Karena, sebenarnya cukup banyak kesenian tradisional yang tak kalah menarik dan justru bisa mendunia, jika dikemas secara maksimal,” katanya.

Dirinya juga menyampaikan, kemauan generasi muda untuk melestarikan kesenian tradisional tersebut tidak hanya sekedar ketika ada ajang perlombaan seperti ini saja. Namun, ke depan hal itu bisa memotivasi generasi mudah untuk lebih memaksimalkan kesenian tradisional yang ada.

Perlombaan Thongtek ini, merupakan rangkaian dari kegiatan HUT Kudus ke-466. Di mana, sebelumnya juga ada beragam perlombaan, di antaranya, mendongeng.

Belasan peserta lomba thongtek yang tampil pada kesempatan itu cukup memukau penonton yang hadir. Bahkan dari beberapa tim, mampu menyuguhkan kreatifitas yang kocak, namun tetap memiliki kualitas yang bagus. Penonton sempat dibuat terpingkal-pingkal dengan aksi-aksi kocak dari peserta.


 Lihat Video Thongtek : Disini 

 


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Lomba Thongtek Jadi Ajang Pelestarian Kesenian Tradisional"

Post a Comment