Waspadai Aksi Penimbunan Sembako saat Ramadan

SEKITARPANTURA.COM,REMBANG - Untuk mengantisipasi berbagai kemungkinan selama bulan Ramadan dan Lebaran, Pemkab Rembang menggelar rapat Ekuinda di aula lantai IV Kantor Bupati Rembang, Rabu (24/5/2017). Mulai dari Polres, Kodim 0720 Rembang, Persatuan Hotel Restoran Indonesia, pihak SPBU sampai pelaku usaha transportasi hadir dalam kegiatan tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Rembang, Drs. Subakti dalam kesempatan itu mengingatkan kepada semua pihak agar mengantisipasi penimbunan bahan pangan yang membuat gejolak dan menyengsarakan masyarakat. Seperti penimbunan bawang putih yang mengakibatkan harganya melonjak sampai angka Rp. 60 ribu.

“Ada penimbunan bawang dari India dan Cina sebanyak 182 ton ini luar biasa. Dan tentunya harus kita antisipasi, ya Alhamdulillah menjelang Ramadhan sudah ditemukan oleh jajaran Polri, tidak tertutup kemungkinan hal-hal seperti itu terjadi di kabupaten  kota,”terangnya.

Ilustrasi/Istimewa


Antisipasi hal-hal seperti penimbunan bahan pangan itu tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemkab, kepolisian ataupun TNI saja, tetapi dibutuhkan peran seluruh komponen masyarakat termasuk para pelaku usaha. Jumlah jajaran Pemkab, TNI dan Polri sangat terbatas, sehingga lebih optimal jika dibantu peran serta masyarakat.

Sementara itu Kasat Intelkam Polres Rembang, AKP Sigit Ahsanudin menambahkan akan mendirikan lima Pos Pam dan satu Pos Pelayanan selama bulan Ramadhan sampai arus balik selesai. Harapannya dengan keberadaan pos- pos tersebut memberikan rasa aman dan nyaman bagi para  pemudik.

Kelima Pos PAM tahun ini masih berlokasi sama dengan tahun –tahun sebelumnya, yakni di depan SPBU Kaliori masuk wilayah desa Tambak Agung, di desa Sumbergirang Lasem depan Masjid Lasem, di desa SUmbersari Kragan depan rumah makan luwes, satu pos di desa Temperak Kecamatan Sarang dan satu pos di desa Mantingan Bulu depan pemandian Mantingan. Sedangkan satu Pos Pelayanan di utara alun-alun Rembang.


Kasdim 0720/Rembang, Mayor Inf Hariyanto  menyatakan siap membantu pemkab dan Polres dalam rangka menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat di bulan Ramadhan dan lebaran ini.Pihaknya akan menyiagakan personel untuk pengamanan dan menyiapkan rest area bagi pemudik.

“Adapun kekuatan personel untuk mendukung pengaman Ramadhan dan Idul Fitri sebagai pasukan siaga dengan kekuatan satuan setingkat pelton yang berada di Kodim, juga disiapkan satu pelton untuk patrol dan satu kekuatan setingkat kompi sebagai pasukan cadangan di Makodim. Sedangkan rest area yang kita siapkan bagi pemudik yakni di Makodim , koramil Kaliori, Rembang, Sulang, Bulu, Lasem, Sluke, Kragan dan Sarang,”ujarnya. (*) 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Waspadai Aksi Penimbunan Sembako saat Ramadan"

Post a Comment