Puluhan Siswa MA Lutful Ulum Ikuti Pelatihan Jurnalistik

SEKITARPANTURA.COM,PATI- Kegiatan tulis menulis atau jurnalistik dengan kualitas yang mumpuni, memang perlu digalakkan. Terlebih, menulis adalah sarana paling efektif untuk memaparkan ide-ide kreatif seseorang. Akan tetapi, menulis juga harus disertai dengan membaca. Sebab, membaca adalah pesan pertama Tuhan saat Alquran di turunkan.

Demikian itu dikatakan oleh Koordinator Forum Kajian dan Diskusi Wartawan (FKDW) Kabupaten Pati Muhammad Muhlisin saat membuka roadshow pelatihan jurnalistik di MA NU Luthful Ulum Pasucen, Sabtu (09/09/2017). 


Pelatihan jurnalistik di MA NU Lutful Ulum 


Acara yang mengambil tema “The Power of Writing, Satu Goresan Sejuta Perubahan” itu mengajak para sisiwa untuk lebih kreatif dalam menulis dan menunangkan gagasan.

“Pesan untuk membaca itu disampaikan oleh Allah pada saat menurunkan Kitab Suci Alquran kepada nabi Muhammad, yaitu tertuang dalam surat Iqra`. Setelah pesan membaca, selanjutnya adalah pesan untuk menulis. Jurnalistik juga demikian, selain membaca juga menuliskan realitas yang ada,” ujarnya.

Lebih lanjut, kemampuan untuk membaca dan menulis itu memang harus dikembangkan sejak dini. Pasalnya, membaca adalah berakar dari kemauan, minat dan rasa penasaran. Orang enggan untuk membaca karena minat ingin tahunya rendah. Akan tetapi, orang akan rajin membaca apabila rasa ingin tahunya juga tinggi.

“Begitu juga dengan menulis, semuanya memang harus dimulai dari hal-hal yang sederhana. Seiring berjalannya waktu, tulisan nantinya juga akan berkembang dengan sendirinya sesuai dengan tingkat pembacaannya. Untuk itu, biasakanlah menulis, mumpung kalian masih duduk di bangku sekolah dan masih banyak waktu untuk menuliskan pengetahuan yang kalian miliki,” terangnya.

Sementara itu, Kepala MA NU Luthful Ulum, Sabar mengatakan, pelatihan jurnalistik ini memang sangat penting sebagai bekal untuk memacu kreativitas siswa. Dia menilai, banyak orang yang terkenal dengan goresan tintanya, dengan insting menulisnya, melalui karya-karyanya.

“Untuk itu, kami sangat senang sekali dengan adaya pelatihan jurnalistik ini. Semoga, para peserta bisa mengikuti dengan baik dan bisa menyerap seluruh ilmu yang diberikan oleh narasumber yang berkompeten di bidangnya masing-masing,” pungkasnya.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Puluhan Siswa MA Lutful Ulum Ikuti Pelatihan Jurnalistik"

Post a Comment