Warga Desa Pelemgede Gelar Sedekah Bumi

SEKITARPANTURA.COM,PATI - Desa Pelemgede, Kecamatan Pucakwangi, Kabupaten Pati menggelar hajatan sedekah bumi pada Kamis (30/8). Sedekah bumi ini merupakan bentuk dari ungkapan syukur atas rezeki yang telah diberikan Tuhan.

"Pelaksanaan sedekah bumi di Desa Pelemgede ini, biasanya dilaksanakan hari Kamis Pahing bulan Besar pada penanggalan Jawa. Tradisi ini sudah berjalan secara turun temurun," ujar Kepala Desa Pelemgede, Hadi Mustamar.

Untuk pelaksanaan sedekah bumi ini, juga diadakan kirab budaya yang diikuti seluruh warga Desa Pelemgede. Masing-masing RT, katanya membawa gunungan yang berisi beragam hasil bumi, seperti halnya kacang, tomat, wortel buah-buahan dan lain sebagainya.


Warga menggelar selamatan dalam rangka sedekah bumi 


Sedangkan rute kirab dimulai dari lapangan desa setempat, kemudian menuju tempat pemakaman atau punden di desa tersebut, yang kemudian istirahat sejenak untuk melakukan ritual selamatan.

Di tempat ini, ratusan warga membawa ambengan atau makanan dari rumah, yang kemudian didoakan bersama. Terlihat, warga sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut. Usai makanan itu didoakan, kemudian warga beramai-ramai untuk membawa makanan yang telah didoakan.

Tidak hanya itu, belasan gunungan yang ikut diarak juga menjadi rebutan warga. Mereka yang hadir di tempat tersebut langsung menyerbu isi dari gunungan besar itu.

"Wrga meyakini jika makanan yang telah didoakan pada acara sedekah bumi ini membawa berkah. Ada nasi yang sudah didoakan tersebut, kemudian dikeringkan dan selanjutnya ada yang ditaruh di area pertanian atau pertokoan," katanya.

Namun dari itu semua, dirinya menegaskan, jika pelaksanaan sedekah bumi tersebut merupakan bentuk ungkapan syukur dan melestarikan budaya yang sudah berlangsung sejak dulu.

"Melalui sedekah bumi ini pula, kita harapkan dapat memperkokoh persatuan dan kesatuan warga serta meningkatkan sikap guyub rukun. Sehingga, kondisi masyarakat di desa akan nyaman dan tenteram," katanya.

Hadi juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama memajukan desa. Sebab, dengan kebersamaan, dirinya yakin Desa Pelemgede akan semakin maju dan sejahtera.

Selain itu, katanya, beragam acara lain sebagai rangkaian dari  sedekah bumi juga digelar. Di antaranya pengajian, tirakatan, pagelaran seni budaya dan hiburan dangdut yang digawangi pemuda desa setempat.

Dalam hal ini, dirinya juga berharap kedepan Desa Pelemgede semakin baik dan warganya juga semakin sejahtera.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Warga Desa Pelemgede Gelar Sedekah Bumi "

Post a Comment