Telaga Sejuta Akar Bangsri yang Diyakini Sebagai Petilasan Dewi Anjani

SEKITARPANTURA.COM,JEPARA - Jika Anda sedang melancong ke Jepara, tidak ada salahnya jika menyambangi objek wisata alam Telaga Sejuta Akar yang ada di Dukuh Margokerto, Desa Bondo, Kecamatan Bangsri. Lantaran begitu memasuki areal ini, udara panas yang kini menerpa Bumi Kartini seolah sirna diterpa semilir angin yang berembus di sela akar pohon Beringin Karet atau Ficus Elastica. 

Sesuai namanya, akar dari pepohonan beringin karet tersebut seolah melindungi telaga yang berada di tengahnya. 

Hadi Priyanto Ketua Pengelola Telaga Sejuta Akar mengatakan, konon tempat itu sudah ada sebelum desa tersebut dibangun. Mitosnya, tempat itu adalah petilasan Dewi Anjani yang kemudian melahirkan anak yang berupa kera putih Hanoman. 

Foto / Istimewa


“Mitosnya dulu telaga ini disebut sebagai Telaga Mandireja, tempat Dewi Anjani hamil dan kemudian melahirkan kera berwarna putih yang disebut Hanoman. Sehingga dulu, di sini banyak spesies tersebut. Namun kini sudah tidak ada jejaknya,” ujarnya seperti dilansir murianews.com. 

Kisah lain memaparkan, sebelum desa itu ditinggali oleh orang telaga tersebut telah ada. Konon, sesepuh desa tersebut bernama Mbah Isrom, sengaja tidak membabat pepohonan yang ada ditebang. 

“Dukuh ini ada sekitar tahun 1901. Dulu tempat ini disakralkan, konon orang yang menstruasi tidak boleh memasuki salah satu bagian dari tempat ini. Namun kalau sekadar berkunjung boleh. Akan tetapi itu dulu sekarang ya sudah tidak,” tambahnya. 

Dirinya menuturkan, telaga tersebut sempat mengering karena banyaknya sedimentasi. Akhirnya pada sepuluh tahun lalu, warga bersama pemerintah desa mulai merevitalisasi tempat tersebut. 

Telaga tersebut diketahui tak hanya dipergunakan sebagai tempat wisata, namun berperan sebagai sumber pengairan bagi sawah-sawah di sekitarnya. Total ada 90 hektare sawah yang bisa teraliri air dari telaga tersebut.  

“Kami harap objek wisata ini dapat menjadi semacam laboratorium pendidikan alam nantinya. Soalnya pepohonan di sini juga cukup langka. Selain itu, kami ingin dengan merawat tempat ini, air yang digunakan untuk pengairan bisa terus tercukupi. Karena sejatinya tempat ini adalah anugerah dari Tuhan yang harus dijaga,” urainya. 

Selain bisa ngadem, tempat ini juga cocok untuk dijadikan lokasi camping atau memancing. Sebab di telaga tersebut telah ditebar bibit ikan seperti nila. 

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Telaga Sejuta Akar Bangsri yang Diyakini Sebagai Petilasan Dewi Anjani"

Post a Comment