Waspadai Dampak Cuaca Ekstrem

SEKITARPANTURA.COM,PATI- Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pati mengimbau kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap bencana yang diakibatkan oleh cuaca ekstrem. Karena berdasarkan prakiraan cuaca dalam sepekan ke depan di wilayah Kabupaten Pati berpotensi terjadi hujan lebat disertai angin ribut.

“ Pada rentang waktu Januari hingga Maret ini, cuaca ekstrem masih sangat berpotensi terjadi, seperti hujan deras dan angin kencang. Karena itu, kami mengimbau agar masyarakat senantiasa waspada terutama bagi yang sering beraktifitas di luar rumah," imbau Kepala BPBD Kabupaten Pati Sanusi Siswoyo.

Ilustrasi


Dia menambahkan, potensi pohon tumbang juga sangat rawan terjadi, selain itu intensitas hujan tinggi juga bisa mengakibatkan banjir. Karena itu, Siswanto juga mengingatkan agar warga menghentikan membuang sampah ke sungai, sebab belakangan ini, selain rerantingan bambu sampah rumah tangga juga menjadi penyumbang terbesar penyumbatan aliran di sejumlah alur sungai yang berdampak terjadinya banjir. 

“ Hindari membuang sampah atau memotong bambu atau pohon pisang lalu dibuang ke sungai. Karena itu juga menjadi penyebab banjir,” ujarnya.

Sanusi Siswoyo juga meminta kepada masyarakat untuk segera menginformasikan kepada pihaknya bila terjadi bencana alam. Sehingga akan mempercepat proses penanggulangannya.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Waspadai Dampak Cuaca Ekstrem"

Post a Comment