Inilah Pemenang Lomba Foto Selfie Pemilu 2019

SEKITARPANTURA.COM,PATI - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pati yang bekerja sama dengan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pati menggelar lomba selfie (swafoto) di TPS pada Pemilu serentak 2019. Langkah itu ditempuh sebagai salah satu upaya mengajak warga yang telah memiliki hak pilih untuk berpartisipasi aktif dalam Pemilu.


Antusias masyarakat untuk mengikuti lomba swafoto ini pun cukup tinggi."Ada lebih dari 2.000 warga Pati mengunggah swafoto di media sosial, terutama di instagram dengan menunjukkan jarinya yang telah tercelup tinta di luar TPS pada pemungutan suara," ujar Komisioner KPU Pati Haryono.

Menurutnya, lomba selfie di TPS merupakan bagian upaya masif mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam Pemilu serentak 2019. Sekaligus sebagai apresiasi kepada masyarakat yang turut menyukseskan Pemilu dengan berpartisipasi aktif di dalamnya.

Salah satu foto yang menjadi pemenang pada lomba foto selfie di TPS Pemilu 2019


Lomba bertema "Ayo Nyoblos, Golput Bukan Pilihan", lanjut Haryono, tidak hanya digelar di Pati. Ajang tersebut berlangsung serentak di seluruh Indonesia.

Event itu sekaligus mengajak masyarakat untuk bergembira dalam pelaksanaan pemilu dengan tetap cerdas dalam menentukan pilihan tanpa terjebak politik uang dan hoaks.

Lomba itu, menyediakan hadiah bagi 12 pemilih. Sebanyak 12 karya swafoto di TPS terbaik dibagi dalam dua kategori, yakni perorangan dan kelompok.

Enam karya terbaik pada masing-masing kategori hasil penjurian diberikan hadiah. Khusus kategori kelompok, setiap timnya terdiri paling sedikit tiga orang.

Sesuai ketentuan, selfie hanya diperkenankan di luar TPS. "Pengabadian foto dan video di dalam bilik suara tidak diperbolehkan. Karena sesuai aturan memperlihatkan penggunaan hak pilihnya merupakan larangan lantaran mencederai prinsip kerahasiaan," katanya.

Setelah karya-karya foto yang dikirimkan peserta dilakukan penilaian dari dewan juri yang terdiri dari Haryono (Komisioner KPU Pati), Moh Noor Effendi (Ketua PWI Pati) dan Dimas Anwar (Komunitas Foto Juwana), akhirnya diputuskan nama-nama pemenang lomba.

"Sebelum memutuskan siapa yang menjadi pemenang dalam lomba ini, kami dari dewan juri telah melakukan diskusi yang alot.Apalagi, ada ribuan peserta yang mengikuti lomba ini. Namun demikian, berdasarkan kesepakatan dengan mempertimbangkan berbagai aspek, akhirnya kami menyepakati nama-nama pemenang dalam lomba ini," kata Moh Noor Effendi, salah satu dewan juri yang juga Ketua PWI Pati.

Dirinya juga menyampaikan, dari ribuan karya peserta yang masuk itu, dewan juri sebelumnya telah menyaring karya-karya yang dinilai layak. Yakni, pertama dewan juri mengambil 100 karya foto, kemudian menjadi 50 besar, dan selanjutnya 20 besar, serta mengerucut lagi menjadi 10 besar. Dari 10 besar itu, kemudian juri menentukan pemenangnya, yakni juara 1,2,3 dan harapan 1,2 dan 3.

Sedangkan nama-nama pemenang lomba, yakni untuk kategori perorangan yaitu, juara 1 dengan akun @dwiyani52, juara 2 @irfan_noer22, juara 3 @tarie_ku. Sedangkan juara harapan 1 @butik.upik99, juara harapan 2 @renosu_69 dan juara harapan 3  @puji.lestha.

Kemudian nama pemenang lomba kategori kelompok, yaitu, juara 1 @Noviarosita12, juara 2  @destirhmtk dan juara 3 @ry.ochta_. Sedangkan juara harapan 1 @margisafitri, juara harapan 2 @phika_mei58 dan juara harapan 3 yaitu @mk.niam.

Bagi pemenang lomba untu kategori perorangan, untuk juara 1 mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 1 juta, juara 2 Rp 800 ribu, juara 3 Rp 600 ribu, juara harapan 1 Rp 500 ribu, juara harapan 2 Rp 400 ribu dan juara harapan 3 Rp 300 ribu.

Sedangkan untuk pemenang lomba kategori kelompok, untuk juara 1 mendapatkan hadiah uang sebesar Rp 1,5 juta, juara 2 Rp 1,3 juta, juara 3 Rp 1,1 juta, juara harapan 1 Rp 1 juta, juara harapan 2 Rp 800 ribu dan juara harapan 3 Rp 600 ribu.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Inilah Pemenang Lomba Foto Selfie Pemilu 2019"

Post a Comment