8 Oleh-oleh Khas Semarang yang Wajib Kamu Bawa Pulang

SEKITARPANTURA.COM, SEMARANG - Mengunjungi Semarang, bisa jadi menjadi pilihan yang tepat untuk mengisi libran Anda. Apalagi setelah Anda selesai mengunjungi semua destinasi yang ada di Semarang maka bisa membawa oleh-oleh untuk dibawa pulang.


Ada begitu banyak macam oleh-oleh yang bisa dipilih. Terkadang Anda mungkin merasa kebingungan kira-kira oleh-oleh apa yang cocok dan banyak disukai oleh orang-orang. Namun, faktanya semua oleh-oleh yang ada di Semarang memiliki ciri khasnya masing-masing.


Berikut ini, oleh-oleh yang bisa menjadi pilihan bagi Anda :


Serbat jangkrik, salah sat oleh-oleh khas Semarang



1. Lumpia 

Lumpia identik dengan isian rebung yang dicampur dengan daging ayam atau udang yang dicincang, menjadikan makanan ini menjadi salah satu oleh-oleh favorit para pelancong yang datang ke Semarang. 

Banyak sekali toko-toko yang menjual lumpia di sepanjang jalan Semarang, beberapa diantaranya adalah Lumpia Gang Lombok, Lumpia Mataram, Lumpia Mbak Lien, dan Lumpia Cik Meymey.


2. Wingko Babat

Selain lumpia, jajanan khas Kota Semarang lainnya yang bisa kamu bawa pulang adalah wingko babat. Berbentuk bulat pipih, wingko babat adalah kue berbahan dasar kelapa dan tepung beras ketan yang dibakar hingga coklat kehitaman, lalu dibungkus dengan kertas.

Bukan hanya rasa kelapa, wingko babat juga memiliki varian rasa lainnya mulai dari cokelat, nangka, hingga durian. Rasa legit dan lembut wingko khas Semarang ini pun seketika memanjakan lidahmu. Kamu tak akan sulit menemukan oleh-oleh khas Semarang yang satu ini. Biasanya, wingko babat dijual di tempat-tempat umum seperti terminal, stasiun, bandara, atau pusat oleh-oleh di Jalan Pandanaran.


3. Tahu Bakso

Tahu bakso adalah salah satu jajanan yang tak kalah menarik dari kota Semarang. Makanan ini dibuat dari bahan dasar tahu yang diberi adonan bakso di tengahnya. Dinikmati selagi hangat dengan secangkir kopi atau teh, bisa menemani sore hari saat bersantai. Untuk mendapatkannya bisa langsung ke outlet-outlet tahu bakso yang sudah banyak tersedia di Semarang, salah satunya Tahu Bakso Bu Pudji. Apabila mau dibawa untuk oleh-oleh ke kota yang cukup jauh, bisa juga membelinya dalam kemasan vacuum yang akan membuatnya lebih terjaga kualitasnya.


4. Kue Moachi

Jika mendengar kata mochi, pasti identik dengan kenyal-kenyal di lidah. Semarang juga menyediakan jajanan yang satu ini, dan terbilang populer di kalangan wisatawan. Mochi khas Semarang terbuat dari tepung ketan dengan bagian dalamnya diisi kacang cincang dan gula, serta dibalut wijen di luar.

Salah satu yang bisa kalian kunjungi adalah outlet Moachi Gemini yang terletak di Jalan Kentangan Barat No. 101. Yuk dicoba!


5. Roti Ganjel Rel

Oleh-oleh ‘tempo dulu’ yang juga sangat digemari adalah roti ganjel rel. Roti ini berbentuk gelondongan besar yang padat. Sebenarnya nama asli roti ini adalah kue gambang karena bentuknya yang menyerupai alat music gambang. Tapi oleh masyarakat kue ini dinamakan ganjel rel karena ukurannya mirip bantalan rel kereta api yang bentuknya panjang dan tebal. 

Biasanya kue berwarna cokelat ini diberi taburan wijen diatasnya dengan aroma khas kayu manis yang kuat.


6. Bandeng Presto

Bandeng presto adalah satu dari sekian banyak oleh-oleh khas Semarang yang enak dan paling banyak diburu wisatawan. Sesuai dengan namanya makanan ini memang berbahan dasar ikan bandeng (Chanos chanos) yang dipresto atau diuapkan dengan tekanan tinggi.

Sebelum dilakukan proses presto, ikan bandeng terlebih dahulu dibumbui dan dibungkus dengan daun pisang. Bumbu yang biasa digunakan untuk melumuri ikan bandeng tersebut adalah bawang putih, kunyit, dan garam. Sebelum dilakukan proses presto, ikan bandeng terlebih dahulu dibumbui dan dibungkus dengan daun pisang. Bumbu yang biasa digunakan untuk melumuri ikan bandeng tersebut adalah bawang putih, kunyit, dan garam.

Bandeng presto ini banyak dijumpai di toko oleh-oleh sepanjang Jalan Pandanaran Semarang.


7. Serbat Jangkrik Mas

Yang tak kalah menarik dari Semarang adalah oleh-oleh Serbat Jangkrik Mas. Serbat ini merupakan minuman yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti jahe, sereh, kunyit, lengkuas, kayu manis, dan rempah lainnya. Untuk menyeduhnya pun cukup mudah, dengan segelas air panas ataupun dapat dicampurkan ke teh atau kopi. 

Serbat Jangkrik Mas yang sudah ada sejak tahun 1958 ini dikenal orang sebagai penghangat badan ataupun pengusir masuk angin.

Serbat Jangkrik Mas tersedia dalam 4 varian, original, sereh, uwuh dan habbatussauda dapat dengan mudah dijumpai di toko-toko di kota Semarang.


8. Kue Sarang Madu

Kue ini memiliki bentuk seperti sarang burung ini memiliki rasa manis karena disiram gula merah di atasnya. Bahan pembuatannya sangat sederhana, yaitu tepung beras, santan, dan tentu saja gula merah. Jika membawanya dalam perjalanan, sebaiknya diletakkan di tempat yang aman, karena kudapan yang renyah ini sangat mudah hancur. Kue sarang madu ini banyak ditemukan di toko oleh-oleh yang terdapat di ibukota Jawa Tengah tersebut. Kue dengan rasa manis yang enak ini cukup tahan lama dan tetap bisa dikonsumsi selama dua bulan setelah pembuatan.


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " 8 Oleh-oleh Khas Semarang yang Wajib Kamu Bawa Pulang"

Post a Comment